GOPOS.ID, KOTA GORONTALO – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-294, Kota Gorontalo kembali melahirkan berbagai inovasi pembangunan dan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya pelayanan administrasi di tingkat kelurahan. Kini pelayanan administrasi di tingkat kelurahan di Kota Gorontalo semakin mudah. Bahkan masyarakat bisa mendapatkan layanan administrasi tanpa harus datang langsung ke kantor Kelurahan.
Pelayanan administrasi yang semakin mudah itu hadir seiring penerapan pelayanan administrasi kelurahan berbasis digital. Yaitu pelayanan yang memanfaatkan teknologi informasi.
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, mengatakan digitalisasi pelayanan administrasi di tingkat kelurahan di Kota Gorontalo akan memberikan kemudahan akses pelayanan oleh masyarakat. Demikian pula oleh pihak kelurahan akan semakin responsif.
“Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kelurahan karena pelayanannya sangat cepat, efektif, dan efisien hanya dalam hitungan menit langsung direspon. Ini merupakan apresiasi kami kepada warga masyarakat dalam rangka hari ulang tahun kota Gorontalo agar masyarakat memperoleh pelayanan yang lebih maksimal,” kata Marten Taha usai meluncurkan program digitalisasi pelayanan administrasi di  Kelurahan Pulubala, Kecamatan Kota tengah, Kota Gorontalo. Jumat (18/3/2022).
Wali Kota Gorontalo dua periode ini melanjutkan, selama ini kepengurusan administrasif di kelurahan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu kemudahan akses yang baru saja dirilis bisa mengurangi beban masyarakat.
“Kasihan mereka mereka mau urus surat keterangan untuk pesta butuh waktu berhari-hari. Padahal urusannya bukan hanya surat keterangan dari desa. Nah, dengan kemudahan ini, insyaallah bisa menghemat waktu mereka dan lebih bermanfaat,” kata Marten Taha. (Sari/gopos)