Headline Nasional

Jokowi Buka Opsi Pelarangan, #SaveFPI Jadi Trending Topic

GOPOS.ID – Tanda Pagar #SaveFPI menjadi trending topic di media sosial (medso) twitter, Sabtu (27/7/2019). Hingga pukul 21.30 wita, sudah lebih dari 15 ribu tweet menggunakan tagar #SaveFPI.

Tagar #SaveFPI mendadak ramai setelah tersiar informasi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkaitan Front Pembela Islam. Jokowi menyatakan akan melarang FPI bila ormas tersebut bertentangan dengan ideologi Bangsa Indonesia. Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat diwawancarai kantor berita Associated Pers (AP), Jumat (26/7/2019). Wawancara dilakukan AP terkait undangan Presiden AS Donald Trump untuk mengunjungi Jakarta.

“Saya tak akan kompromi terhadap sebuah organisasi yang ideologinya membahayakan Negara Indonesia,” tegas Jokowi kepada AP.

Seiring pernyataan itu, Jokowi membuka pilihan pelarangan FPI. Hal itu akan dilakukan bila FPI tidak sejalan dengan keamanan dan ideologi Bangsa Indonesia.

Baca juga: Perangi Narkoba Pemkab Gorontalo Bentuk Relawan Anti Narkoba

Pernyataan Jokowi tersebut mengundang tanggapan dan komentar pro-kontra netizen. Dengan menggunakan tagar #SaveFPI, netizen yang kontra pernyataan Jokowi menampilkan aksi kemanusiaan FPI. Di antaranya aksi kemanusiaan saat bencana tsunami melanda Aceh. Sebaliknya, netizen yang mendukung pernyataan Jokowi menampilkan foto dan video tawuran yang ditengarai melibatkan oknum FPI.

Sebelumnya, akhir-akhir ini FPI santer dibicarakan. Hal itu berkaitan berakhirnya surat izin FPI pada 20 Juni 2019. Hingga saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum mengeluarkan perpanjangan surat izin FPI. Sebab, FPI harus melengkapi 20 persyaratan yang telah ditentukan.(adm-02/gopos)

Baca juga: 30 Juli, 32 Calon Anggota Paskibraka Gorontalo Dikarantina

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *