Gorontalo Gorontalo Hebat

Ini 8 Puskesmas Berprestasi di Gorontalo

GOPOS.ID, GORONTALO – Sebanyak 8 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) ditetapkan sebagai puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2019. Penetapan puskesmas itu didasarkan pada hasil penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Penilaian dibagi dalam tiga kategori. Yakni Puskesmas Perkotaan, Puskemas Pedesaan serta Puskesmas Terpencil/Sangat Terpencil. Adapun aspek penilaian meliputi adminitrasi dan manajemen, penyelenggaraan upaya puskesmas, serta upaya penyelenggaraan pelayanan kesehatan perorangan/ klinis yang tertuang dalam lebih kurang 200 dokumen telusur.

Penilaian dilakukan dalam beberapa tahap. Dimulai dari verifikasi dokumen yang disampaikan dinas kesehatan kabupaten/kota, kunjungan lapangan hingga rekapitulasi. Penilaian berlangsung sejak 8 Juli 2019.

Hasilnya, untuk kategori Puskesmas Perkotaan berdasarkan urutan nilai adalah Puskemas Pilolodaa (Kota Gorontalo); Puskesmas Kabila (Kab. Bone Bolango); serta Puskesmas Telaga (Kab. Gorontalo).

Kategori Puskesmas Pedesaan adalah: Puskemas Dungaliyo (Kab. Gorontalo) dan Puskemas Anggrek (Kab. Gorontalo Utara).

Kategori Puskemas Terpencil yakni: Puskemas Saritani (Kab. Boalemo); Puskesmas Pancakarsa II (Kab. Pohuwato); dan Puskesmas Bulawa (Kab. Bone Bolango).

Baca juga: Psikolog: Jangan Justifikasi Pengidap HIV/AIDS

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda E.U. Nalole,M.Si mengapresiasi jajaran kesehatan di Kabupaten/ Kota serta dalam pengembangan upaya kesehatan di Puskesmas. Menurutnya, Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan mempuyai peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan di wilayahnya.

“Kegiatan Penilaian FKTP Berprestasi ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan amanat Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 tahun 2015 tentang Penilaian FKTP Berprestasi” ungkap Misranda.

Hasil dari kegiatan ini akan disampaikan kepada Kementerian Kesehatan. Pemenangnya akan diundang menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional pada bulan November nanti. Sehingga dengan melalui penilaian ini, diharapkan dapat memotivasi Puskesmas semakin baik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

“Dengan begitu masyarakat benar-benar dapat merasakan manfaat Puskesmas. Yakni sebagai pemberi layanan kesehatan di garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” jelas Misranda.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Nisma Abdurrahman,SKM, M.Kes menjelaskan, penilaian FKTP Berprestasi ini sudah diikuti oleh provinsi Gorontalo selama enam tahun berturut-turut. Provinsi Gorontalo berhasil mengantarkan Puskesmas Bongo Nol dan Puskesmas Bongo Dua hingga ke tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani di TMII saat pencanangan Hari Kesehatan Nasional ke 50 tahun 2014.

“Untuk tahun ini harapan Kami tentunya Puskesmas yang akan diusulkan di Kementerian Kesehatan dapat menjadi nominator Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional” beber Nisma.(muhajir/gopos)

Baca juga: RSUD MM Dunda Catat PAD Terbesar untuk Kab. Gorontalo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *