Gorontalo Gorontalo Hebat

PPIH Gorontalo Final Cek  Pemberangkatan JCH

GOPOS.ID, GORONTALO – Pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Gorontalo tinggal sepekan lagi. Sejalan hal itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Gorontalo melakukan final cek atau pengecekan akhir pemberangkatan JCH Gorontalo.

Pengecekan dilakukan melalui rapat yang dipimpin Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di Asrama Haji Provinsi Gorontalo, Kamis (18/7/2019). Kegiatan itu dilakukan untuk mematangkan seluruh persiapan agar pemberangkatan JCH Gorontalo musim haji 1440 H/2019 M berjalan lancar.

“Sengaja kita hadirkan seluruh pihak yang terlibat dalam PPIH untuk memaparkan kesiapan sesuai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” kata Idris Rahim.

Sementara Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Mahmud Bobihu memaparkan, kesiapan fasilitas Asrama Haji Gorontalo sudah mencapai 95 persen. Demikian pula halnya kesiapan pihak bandara untuk penerbangan jamaah haji dari Gorontalo menuju Makassar dan selanjutnya menuju Mekkah, persiapannya sudah mencapai 100 persen.

“Kamar-kamar di Asrama Haji sudah bersih dan tong-tong air juga sudah dikuras. Tinggal menunggu pengasapan atau fogging dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang dijadwalkan pada hari Senin depan,” jelas Mahmud.

Baca juga: Hindari Bentor, Pikap Seruduk Pabrik Mebel

Lebih lanjut Mahmud menuturkan, untuk memberikan kesempatan kepada jamaah haji beristirahat, tahun ini untuk proses seremonial penerimaan jamaah di Asrama Haji ditiadakan. Begitu pula untuk mempercepat proses pemberangkatan, PPIH Gorontalo juga akan meniadakan acara seremonial seperti pembagian living cost pada saat pemberangkatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaporkan, seluruh jamaah haji Provinsi Gorontalo telah melakukan vaksinasi. Untuk paspor, pihak Keimigrasian juga sudah merampungkan seluruh paspor jamaah haji.

“Alhamdulillah dari paparan seluruh masing-masing pihak, persiapan pemberangkatan jamaah haji sudah 98 persen. Kita akan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu Allah sejak pemberangkatan hingga pemulangan nanti,” tandas Wagub Idris Rahim.

Baca juga: Dilanda Banjir, 100 Rumah di Desa Teratai-Pohuwato Terendam

Turut hadir pada rapat tersebut Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar Agus Priyanto, General Manager PT. Angkasa Pura Makassar, Wahyudi, Ketua PPIH Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Manager Lion Air, Garuda Indonesia, dan seluruh pihak terkait.

Jamaah haji Provinsi Gorontalo untuk musim haji 1440 Hijriah/2019 Masehi berjumlah 1.181 orang ditambah 13 petugas kelompok terbang (kloter). Jamaah haji Gorontalo dibagi dalam tiga kloter, yaitu kloter 27 jamaah haji asal Kota Gorontalo, kloter 29 asal Kabupaten Gorontalo, Pohuwato, dan Bone Bolango, serta kloter 34 jamaah haji asal Kota Gorontalo, Bone Bolango, Boalemo, dan Kabupaten Gorontalo Utara.(adm-02/gopos)

Baca juga: Rektorat UNG Sahuti Tuntutan Demo Mahasiswa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *