Gorontalo

Dilanda Banjir, 100 Rumah di Desa Teratai-Pohuwato Terendam

GOPOS.ID,GORONTALO – Ketika sejumlah wilayah di tanah air mengalami kekeringan. Dua desa di Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo justru dilanda banjir, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 100 rumah warga di dua desa tersebut terendam air dengan ketinggian hingga sekitar 65 centimeter (cm).

Informasi yang dirangkum gopos.id, dua desa di Kecamatan Marisa yang dilanda banjir yakni Desa Teratai dan Desa Pohuwato. Banjir dipicu oleh meluapnya saluran air pasca hujan yang mengguyur wilayah Pohuwato.

Baca juga: Alhamdulillah, PLTU Anggrek Mulai Beroperasi

Banjir merendam 100 rumah yang ditempati sekitar 300 jiwa. Ketinggian air rata-rata berkisar 65 (cm).

“Banjir di kecamatan Marisa khususnya di desa Teratai dan Desa Pohuwato bagian pantai disebabkan hujan lebat sejak Kamis (18/7/2019) dini hari hingga pagi hari. Sehingga kurang lebih 100 rumah yang terendam air atau sekitar 300 jiwa,” ujar kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato Ramun Abjul kepada gopos.id melalui sambungan telepon.

Ramun Abjul mengungkapkan, pihaknya telah membuka dapur logistik untuk masyarakat. Langkah lain yang dilakukan yakni menyedot air untuk menggurangi genangan.

“Untuk masyarakat yang terdampak banjir kami telah membuka dapur umum logistik makan siang dan malam, dan untuk banjir di Pohuwato bagian pantai kami melakukan penyedotan,” tandasnya.

Baca juga: Hindari Bentor, Pikap Seruduk Pabrik Mebel

Menurut Ramun saat ini banjir yang menggenang beberapa rumah itu mulai surut.

“Alhamdulillah sampai saat ini hujan sudah reda dan airpun sudah surut, kecuali masih beberapa rumah yang halamannya masih tergenang air. Insyaallah besok kondisis akan normal kembali bila tidak turun hujan lagi,” beber Ramun/

Sementara itu, menurut keterangan salah satu masyarakat banjir yang terjadi pagi tadi mencapai sekitar 65 cm atau setara paha orang dewasa.

“Tinggi banjir mencapai paha orang dewasa, hal ini diakibatkan curah hujan sejak tadi malam sampai pagi tadi,” ungkap Rahmad.

Ia menambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato yang dibantu oleh unsur TNI sudah berada di lokasi banjir untuk melakukan penanganan.

“BPBD dan Anggota TNI sudah ada di lapangan membantu masyarakat” tandasnya.(muhajir/gopos)

Baca juga: Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 1 Ton

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *