Gorontalo Gorontalo Hebat

Pemprov Bakal Ambil Alih Status Danau di Popayato

GOPOS.ID, GORONTALO – Status dari danau (SITU) di Desa Telaga, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato dalam waktu dekat akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Seperti yang disampaikan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibi pada pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Sabtu (20/7/2019).

“Kalau sudah jelas pak wabup, pak ketua dprd, bisa diserahkan langsung ke provinsi dengan resmi berupa surat. Nanti kami Provinsi dengan Balai Sungai akan melihat lagi dan kita akan serahkan ke Balai Wilayah Sungai (BWS) 2 Provinsi Gorontalo,” jelas Rusli Habibie.

Baca juga : Pegawai Dinas Pertanian Gorontalo Meninggal saat Tugas di Palangkaraya

Gubernur dua periode ini menjelaskan, status SITU ini memiliki sejarah dan danau tersebut merupakan aset Pemerintah Daerah. Terlebih masyarakat sekitara di Popayato.

Rusli juga mengatakan. Kalau sudah jelas status, nantinya akan dianggarkan di APBDP 2019, minimal untuk pembersihan gulma yang cukup banyak. Takutnya kedepannya adanya kekhawatiran jika setelah setelah dilakukan pengukuran, ada ada yang mengklaim soal kepemilikan lahan mengaku sebagai ahli waris.

“Clearkan dulu, setelah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi, akan kita buat sertifikat. Kita akan ukur dengan Badan Pertanahan. Ssetelah itu sertifikat zonasinya, batas batasnya dimana saja , baru kita mulai peninjauan,” kata Rusli.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Handoyo menjelaskan, mereka akan mempersiapkan anggaran untuk pembersihan SITU Telaga dalam APBDP 2019, namun harus dengan tahap-tahap yang ada terutama kejelasan statusnya.

Baca juga : 61 Pelajar Gorontalo Terdeteksi Idap HIV/AIDS

”Jadi status dari danau atau SITU ini harus cepat diurus Pemerintah Daerah atau kabupaten,” pinta Handoyo.

Diperkirakan anggaran yang akan disediakan untuk pembersihan ini sebesar Rp300 juta.SITU Telaga merupakan salah satu SITU yang ada di Kabupaten Pohuwato dengan luas 48 ha, mampuh menampung air 1300 meter kubik.

SITU ini direncanakan akan difungsikan sebagai sumber cadangan air tanah, perikanan dan untuk pariwisata.Di Kabupaten Pohuwato sendiri terdapat 5 SITU dan 6 embung.

Saat ini Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membantu membersihkan Danau Perintis di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dan juga SITU Teratai yang ada di Kabupaten Boalemo.(Isno/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *