Nasional Politik

Jokowi Sebut akan Umumkan Kabinet Secepatnya

GOPOS.ID – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bakal segera mengumumkan kabinet. Sejumlah nama yang akan ditempakan dalam posisi menteri sudah dikantongi. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih merahasiakan siapa saja yang diplot sebagai menteri.

Dilansir jpnn.com, Jokowi mengaku sudah menyusun formasi kabinet periode 2019-2024. Mantan Wali Kota Solo itu memastikan, komposisi kabinet nanti tak jauh dengan yang sudah ada saat ini. “Secepatnya diumumkan. Perbandingannya 60:40 atau 50:50. Kira-kira seperti itu,” ucapnya.

Baca juga: Polda Gorontalo Mutasi 65 Perwira dan 56 Bintara

Apakah ada menteri saat ini yang akan dipertahankan di periode selanjutnya? “Banyak. Ya nanti dilihatlah. Nanti, kalau keluar dilihat,” sambungnya.

Siapa yang akan dipertahankan dan siapa yang akan diganti dalam kabinet? Jokowi tidak kasih bocoran. Dia hanya mengungkapkan, penyusunan kabinet itu berdasarkan banyak pertimbangan. Seperti rekam jejak dan bebas persoalan hukum.

“Semua hal mesti kami pertimbangkan,” ujarnya.

Terkait permintaan jatah kursi menteri oleh sejumlah parpol, Jokowi mengaku hal itu merupakan hal biasa.

“Ya enggak apa-apa. Mau minta sepuluh, mau minta sebelas, mau minta sembilan, enggak apa-apa. Wong minta saja,” ujarnya.

Demikian pula usulan menteri millennial. Jokowi mengatakan, akan memilih sejumlah menteri yang berusia muda. Kira-kira berusia 25-30 tahun. Namun, tidak asal muda. Sosok tersebut harus mengerti manajerial dan mampu mengeksekusi program-program yang dicanangkan.

Jokowi berharap, sosok menteri itu bisa dipenuhi dari parpol. “Kalau tidak ada dari partai, ya cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget,” ungkapnya.(jpnn/adm-02/gopos)

Baca juga: Proyek ADD Tak Rampung, Oknum Kades Moopiya Ditahan

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *