GOPOS.ID, KOTA GORONTALO – Upaya meningkatkan layanan Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) ikut dilakukan PT Jasa Raharja Gorontalo. Strategi peningkatan layanan Samsat dibahas PT Jasa Raharja Gorontalo bersama tim Pembina Samsat Tingkat Provinsi Gorontalo lewat rapat koordinasi, Rabu (12/4/2023) bertempat di Direktorat Lalu LIntas Polda Gorontalo.
Kepala PT Jasa Raharja Gorontalo, Kemal Karman Kamaluddin, mengungkapkan rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari Rakor TIM Pebina Samsat Tingkat Nasional yang telah diadakan di Bandung pada Maret 2023. TIM Pembina Samsat Provinsi Gorontalo membahas analisis dan evaluasi (Anev) kinerja pelayanan samsat 2022 serta rencana kerja dan target pendapatan Provinsi Gorontalo pada 2023.Â
“Beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam peningkatan layanan, seperti sinkronisasi dan kelengkapan database ranmor,” kata Kemal.
Kemal melanjutkan, sosialisasi penggunaan aplikasi Signal harus terus digaungkan. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan pendapatan daerah pelaksanaan penegakkan hukum melalui tilang konvensional dan ETLE bersama Tim Pembina Samsat juga harus dilakukan secara humanis.
“Strategi lainnya adalah penghapusan data regident ranmor atas dasar permohonan pemilik ranmor karena rusak berat, hilang atau dimuseumkan. Memberikan pelayanan prima baik secara online maupun offline serta mengimplementasikan budaya humanis dalam memberikan pelayanan disamsat,” pungkasnya.Â
Rakor TIM Pembina Samsat terdiri dari Direkrur Lalu Lintas Polda Gorontalo, Kepala Jasa Raharja Provinsi Gorontalo, Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Pimpinan Bank SulutGo, dan dihadiri seluruh pejabat terkait baik di lingkunan Ditlantas Polda Gorontalo, Jasa Raharja Gorontalo dan Badan Keuangan Provinsi Gorontalo.(sari/rls/gopos)