Nasional

Menag Lukman Dipercaya Pimpin Amirul Hajj 2019

GOPOS.ID, JAKARTA – Penyelenggaraan ibadah haji 1440H/2019 M dipastikan akan kembali dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai Amirul Hajj 2019.

“Bapak presiden menetapkan saya sebagai Amirul Hajj untuk ibadah haji tahun ini,” ucap Menteri Lukman di Jakarta, Senin (15/7/2019) seperti dilansir jpnn.com.

Dipilihnya Lukman berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo, sebab Lukman saat ini menjabat sebagai Menteri Agama. Penunjukan Amirul Hajj ini sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi.

Baca juga :Bank Syariah Mandiri Gorontalo Beri Bimbingan Manasik Haji bagi 370 JCH

“Sejak beberapa tahun terakhir, memang bapak presiden menetapkan menag sebagai Amirul Hajj,” lanjut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Sebagai Amirul Hajj, Menag didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang. Mereka terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam yang ad di Indonesia.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli dan akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus.(andi/esy/jpnn/gopos)

Baca juga : Pergi Haji Kok Bawa Obat Kuat?

Susunan Delegasi Amirul Hajj Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1440H/2019M

1. Amirul Hajj : Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama)

2. Naib Amirul Hajj : A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah)

3. Sekretaris : Muchlis M. Hanafi (Kemenag)

4. Anggota : Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes)

5. Staf Sekretariat : Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *