Germas Gorontalo Juara Tingkat Regional Indonesia Timur - gopos.id
Ayo Germas Lifestyle

Germas Gorontalo Juara Tingkat Regional Indonesia Timur

GOPOS.ID, MAKASSAR – Provinsi Gorontalo berhasil menyabet penghargaan sebagai juara umum penilaian Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk regional Indonesia Timur. Hal ini merujuk pada kemajuan pelaksanaan Germas di Gorontalo untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB, dr. Rosina Kiu pada pertemuan Evaluasi Germas di daerah tahun 2018 Regional Tengah dan Timur, Selasa (22/10/2019) di Hotel Aryaduta Makassar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia ini untuk melakukan studi evaluatif terhadap pelaksanaan Germas. Baik di tingkat pusat dan daerah untuk mengetahui capaian, evaluasi, tantangan dan kendala serta untuk mengeksplorasi inovasi-inovasi atau praktek baik pelaksanaan Germas. Yang kemudian dihasilkan rekomendasi dalam penguatan pelaksanaan program.

Pada pertemuan itu, setiap provinsi menyampaikan paparan profil kemajuan pelaksanaan Germas di tingkat daerah dan dinilai oleh tim panelis dari pusat.

Selain Provinsi Gorontalo, juga hadir perwakilan dari Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua dengan jumlah total 18 Provinsi yang turut berpartisipasi.

Baca juga: Pameran Poster Germas Ramaikan Rakerkesda Gorontalo 2019

Adapun poin-poin yang menjadi indikator penilaian yaitu regulasi di provinsi, kelembagaan, koordinasi pelaksanaan, perencanaan dan mekanisme monev provinsi. Pelaksanaan Germas di kabupaten/kota, aktivitas dan program, capaian sasaran Germas, tantangan dan kendala serta rekomendasi penguatan Germas.

Dengan tim penilai yang berasal dari Kemenko PMK, Bappenas, Kemenkes, Kemendagri, Kemen PUPR, Kementan, Kemenpora dan Setkab.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB dr. Rosina Kiu Provinsi Gorontalo telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan dan mengimplementasikan Germas sampai ke tingkat paling bawah.

 

Dengan harapan akan terjadi penurunan Penyakit Tidak Menular (PTM). Seperti Hipertensi,Stroke, Diabetes, Kanker dan Jantung Koroner.

Hal ini, menurutnya karena peran serta dari pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta lintas program,lintas sektor terkait serta melibatkan CSR dengan inovasi terbaik dan terus berkarya. Sehingga gaung Germas sampai ke level masyarakat.

“Semoga masyarakat akan paham pentingnya hidup sehat dan selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari” kata Rosina.

Sementara itu, Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., menyampaikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan.

Misranda berharap hasil ini dapat terus dipertahankan dan semakin di tingkatkan karena ini sesuai dengan visi dan misi Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie dan Wakil Gubernur H. Idris Rahim di bidang kesehatan.

Misranda menegaskan komitmen pimpinan daerah dalam mendukung berbagai upaya yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Dengan salah satunya adalah mengimplementasikan Germas di sendi-sendi kehidupan masyarakat maupun pada tataran kebijakan pemerintahan.

Baca juga: Tiga Tahun Germas, Harus Berikan Perubahan Hidup Sehat Masyarakat

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian ini. Harapannya agar hasil tersebut menjadi motivasi dan semangat untuk terus menggalakkan dan mengkampanyekan Germas ke depan, Germas harus lebih masif dan membudaya lagi”, pungkas Misranda. (rls/muhajir/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − seven =