Gorontalo Headline Hukum & Kriminal

Korslet, 2 Rumah di Isimu Ludes Terbakar

GOPOS.ID, GORONTALO – Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Isimu Utara, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin (29/7/2019) pukul 12.15 wita. Kebakaran mengakibatkan dua rumah ludes terbakar.

Informasi yang dirangkum gopos.id, dua rumah yang ludes terbakar adalah milik keluarga Andres Kahala (30) dan keluarga Alham Yahiji (28). Diduga kebakaran diakibatkan oleh arus pendek listrik (korslet).

Kebakaran bermula dari rumah Andres Kahala. Saat itu warga setempat melihat kepulan asap tebal dari bagian belakang (dapur) rumah. Bangunan rumah yang terbuat dari papan membuat api cepat menyebar. Dalam hitungan menit api sudah membakar hampir keseluruhan bagian rumah.

Dari rumah Andreas Kahala, api lantas merembet ke rumah Alham Yahiji yang terletak saling berdekatan. Sama halnya bangunan rumah Andreas Kahala, bangunan rumah Alham juga merupakan bangunan nonpermanent. Dinding rumah yang terbuat dari papan mengakibatkan api cepat membesar.

Baca juga: Siap-siap, Dinas Perumahan Provinsi Gorontalo Bakal Dilebur

Selang beberapa saat, mobil pemadam kebakaran dari Sat Brimob Polda Gorontalo tiba di lokasi. Upaya pemadaman dilakukan dengan memblokade agar api tak terus merembet. Tak lama kemudian, empat unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Gorontalo tiba pula. Proses pemadaman berlangsung lebih kurang 30 menit.

Meski api berhasil dipadamkan, seluruh bangunan rumah sudah ludes terbakar. Demikian pula barang beserta benda berharga di dalam rumah ikut terbakar.

Dua unit rumah milik keluarga Andres Kahala (30) dan keluarga Alham Yahiji (28) di Desa Isimu Utara, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo ludes terbakar akibat kroslet listrik, Senin (29/7/2019). (istimewa)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Sumanti Maku mengemukakan, kebakaran cukup cepat dikarenakan kondisi cuaca yang sedang terik disertai angin kencang. Selain itu material bangunan dari kayu sehingga mudah terbakar.

“Upaya yang kita lakukan setelah pemadaman adalah memastikan tak ada korban. Tak ada anak-anak yang ikut terpapar,” ujar Sumanti Maku.

Menurut Sumanti Maku, BPBD Kabupaten Gorontalo bersama instansi terkait selanjutnya akan melakukan recovery.

“Setelah ini ada bantuan baik dari dinas sosial maupun recovery terhadap bangunan rumah yang sudah terbakar,” tandas Sumanti Maku.(isno/muhajir/gopos)

Baca juga: Gubernur Rusli Habibie Penuhi Panggilan Polda Gorontalo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *