Gorontalo Gorontalo Hebat

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 1 Ton

GOPOS.ID, GORONTALO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyalurkan sapi kurban untuk masyarakat di setiap provinsi se-Indonesia. Khusus di Provinsi Gorontalo, sapi kurban Presiden yang disalurkan memiliki berat hidup 1, 010 ton.

Menariknya, sapi yang akan menjadi sapi kurban Presiden Jokowi itu berasal dari peternak Gorontalo. Tepatnya di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Sapi yang berumur 4 tahun tersebut merupakan sapi peranakan hasil persilangan Sapi Aberden Angus dan Sapi Brahman.

Baca juga: Hindari Bentor, Pikap Seruduk Pabrik Mebel

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Agustina Kilapong menjelaskan, pihaknya bersama tim Sekretariat Kepresidenan serta Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian telah mengecek keberadaan sapi yang akan menjadi sapi kurban Presiden.

“Kami memastikan bahwa sapi bantuan Presiden Joko Widodo ini benar-benar sehat. Terpenuhi syarat-syarat kesehatan hewan maupun persyaratan sesuai syariat Islam,” ujar Agustina Kilapong.

“Dalam pemeriksaan ini tim kepresidenan melakukan  pemeriksaan jumlah gigi yang sudah tanggal. Mengukur panjang badan, lingkar dada serta tinggi gumba sapi tersebut,” sambung Agustina menambahkan.

Rencananya, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha bantuan sapi Presiden akan diantar ke Pengurus Masjid Al-Mujahidin, Desa Tabongo, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.(hasan/gopos)

Baca juga: Gorontalo Ekspor 34 Ton Pelet Kayu ke Korsel

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *