Nasional

Hari Pertama Masuk Sekolah, Ini Imbauan Bagi Orang Tua

GOPOS.ID – Hari pertama masuk sekolah akan berlangsung esok, Senin (15/7/2019). Sejalan hal tersebut, para orang tua diimbau agar dapat menyempatkan diri mengantar anaknya ke sekolah.

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim mengajak orang tua hadir di sekolah lebih pagi pada hari pertama sekolah. Supaya bisa bersalaman dan berkenalan dengan guru-guru di sekolah. Selain itu orang tua diiimbau agar masuk ke ruang-ruang kelas. Memeriksa toilet sekolah, area istirahat siswa serta memerhatikan hal-hal yang mungkin saja akan membahayakan anak-anak.

“Jika ditemukan hal-hal yang kurang baik, segera dikomunikasikan dengan pihak sekolah.  Jika pihak sekolah tak memiliki kemampuan, bisa saja orang tua memikirkan solusinya,” ucap Ramli Rahim dalam pernyataan tertulis.

Baca juga: Gorontalo Dapat 6.000 Sambungan Listrik KK Miskin

Menurut Ramli Rahim, kehadiran orang tua di sekolah sangat diperlukan. Paling tidak sebagai “akad” atau kesepakatan kerjasama antara orang tua dan guru serta pimpinan sekolah. Selain itu saling mengenal antara guru dan orang tua akan membangun hubungan emosional di antara kedua belah pihak. Sehingga segala potensi masalah di sekolah baik antara guru dan siswa, guru dan orang tua atau antara guru, siswa dan lingkungan sekitarnya dapat diminimalisir.

“Hampir seluruh masalah antara anak didik dan guru atau dengan orang tua terjadi karena minimnya komunikasi karena itu diperlukan kedekatan emosional antar pihak,” tutur Ramli Rahim.

IGI berharap, semua instansi, baik swasta apalagi pemerintah memberikan izin kepada pegawai atau karyawan untuk mengantarkan anak-anak mereka. Meskipun hanya 30-60 menit di sekolah.

“Harapan besar kami agar orang tua menyempatkan diri meskipun hanya sehari saja dalam 1 tahun. Atau mungkin sehari saja dalam 3 tahun. Atau mungkin saja sehari saja dalam 6 tahun, mengantarkan anak-anak kita ke sekolah,” imbau Ramli Rahim.(hasan/gopos)

Baca juga: AJI Gorontalo-Google News Initiative Tangkal Hoaks

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *