Gorontalo

Rumah Kreatif BRI Gorut Raih Peringkat 1 Nasional

GOPOS.ID, GORONTALO – Rumah Kreatif BUMN atau disingkat RKB merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama. Dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran baik retail maupun online e-commerce dan kemudahankan akses permodalan.

Hingga pertengahan tahun 2019, Kementrian BUMN telah mendirikan 215 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia dan di koordinir oleh masing-masing perusahaan BUMN. Salah satu perusahaan BUMN yang gencar menjalankan program-program RKB yaitu Bank BRI. Dengan didirikannya 54 RKB yang beranggotakan lebih dari 300 ribu UMKM di seluruh Indonesia.

Baca juga : CSR Pabrik Gula Tolangohula Patut Diapresiasi

 Koordinator RKB Gorontalo Utara, Rizki Ramadhan ketika menemui Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.

Baru-baru ini Kantor Pusat Bank BRI menobatkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Gorontalo Utara milik Bank BRI Cabang Limboto sebagai RKB Terbaik 2019 Nasional.

Dengan mendapat peringkat 1 tingkat Nasional berdasarkan hasil evaluasi RKB yang di adakan oleh Desk Inkubasi Mikro & Retail Kantor Pusat Bank BRI Jakarta.

Apresiasi tersebut merupakan bentuk pengakuan terhadap komitmen RKB Gorontalo Utara yang secara konsisten melakukan pemberdayaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM melalui program-program RKB.

Untuk aspek penilaian sendiri terdiri dari beberpa aspek. Antara lain jumlah UMKM binaan yang saat ini mencapai 1630 UMKM binaan. Dan didukung pula dengan sering diadakannya kegiatan Pelatihan Kewirausahaan yang sudah mecapai 97 kali pelatihan semenjak berdirinya RKB Gorontalo Utara.

Baca juga : Polwan Brimob Gorontalo Jalankan Misi Perdamaian di Sudan

Koordinator RKB Gorontalo Utara, Rizki Ramadhan mengatakan pencapaian ini adalah berkat usaha dan komitmen RKB Gorontalo Utara. Dimana RKB Gorontalo Utara yang selalu ingin menjadi motor penggerak dalam hal pengembangan dan pendampingan UMKM. Khususnya di provinsi Gorontalo.

Pembukaan pelatihan kewirausahaan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

“Tak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung program-program RKB. Antara lain Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara melalui Bpk. Bupati H. Indra Yasin, SH, MH, pemerintah Kab. Gorontalo melalui Bpk. Bupati Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo dan juga pimpinan Pimpinan Bank BRI Cabang Limboto Bpk, Nanang Setiawan yang senantiasa mengarahkan dan mensupervisi program-program RKB Gorontalo Utara,” ucapnya.

Dengan penghargaan ini, Rumah Kreatif BUMN Gorontalo Utara di di bawah supervisi Bank BRI Cabang Limboto akan semakin terpacu lebih meningkatkan program-program pelatihan dan pendampingan. Ini untuk pemberdayaan UMKM di provinsi Gorontalo.

“Dimana kehadiran Bank BRI Cabang Limboto tidak hanya sebagai lembaga keuangan semata. Namun juga memiliki fungsi sebagai pelopor pemerataan pembangunan dan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat,” tandas Koordinator RKB Gorontalo Utara, Rizki Ramadhan. (adv/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *