GOPOS.ID, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi menyatakan perlunya masa kampanye pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 selama 120 hari.
Karena termasuk keharusan untuk penyelesaian sengketa, lelang, produksi dan distribusi logistik. Hal tersebut disampaikan Pramono melalui keterangan tertulisnya, Kamis (27/1/2022).
“Dari simulasi yang dilakukan KPU, berdasarkan regulasi yang ada sekarang. Maka waktu yang dibutuhkan untuk sengketa dan logistik minimal 164 hari, sengketa butuh 38 hari, sedangkan logistik butuh 126 hari,” kata Pramono.
Dengan pertimbangan terkait regulasi tersebut, kata Pramono, maka ketentuan masa kampanye dalam draft Peraturan KPU (PKPU) terkait tahapan sudah selaras untuk dilakukan selama 120 hari.
“Jadi, rancangan 120 hari dalam draf PKPU Tahapan itu sudah mengharuskan pemadatan proses penyelesaian sengketa serta lelang, produksi dan distribusi logistik pemilu,” tambahnya.
Secara regulasi, Pramono mengatakan, di Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum tidak ada ketentuan pasti terkait berapa lama masa kampanye.
“UU hanya mengatur masa kampanye dimulai tiga hari sejak penetapan calon dan berakhir tiga hari sebelum hari-H pemungutan suara. Makanya, selama ini tidak ada patokan berapa lama masa kampanye,” ujarnya.
Pramono mencontohkan pada Pemilu 2019, massa kampanye berlangsung selama enam bulan tiga pekan, yakni mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019.
Baca juga: KPU-Mendagri Sepakat Pencoblosan Pemilu 14 Februari 2024
Bahkan pada Pemilu 2014, katanya, masa kampanye berlangsung selama 15 bulan, mulai 11 Januari 2013 hingga 5 April 2014.
“Sebab kampanye itu diperbolehkan sejak penetapan partai politik peserta pemilu. Jadi, 120 hari masa kampanye yang dirancang KPU saat ini telah berkurang banyak dari pemilu-pemilu sebelumnya,” tuturnya.
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian mengusulkan agar masa kampanye pada Pemilu 2024 berlangsung cukup selama 90 hari atau tiga bulan.
Menurut Tito, masa kampanye tersebut cukup untuk meminimalkan potensi perpecahan masyarakat.
“Tiga bulan sudah cukup. Kami kira, masyarakat juga tidak lama terbelah dan dengan adanya teknologi komunikasi media maupun media sosial, kami kira ini waktunya cukup,” ujar Tito. (adm-02/Infopublik/gopos)