Advetorial Gorontalo Gorontalo Hebat

24 Tim Meriahkan Festival Bedug Gorontalo

GOPOS.ID, GORONTALO – Rangkaian festival menyemarakkan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1440 H di Gorontalo dimulai. Diawali pelaksanaan Festival Bedug Takbiran yang bertempat di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

Festival yang menampilkan ketrampilan dan kreasi menabuh bedug itu resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr.Idris Rahim, tadi malam (25/5/2019). Rencananya, kegiatan Festival Bedug Takbiran akan berlangsung tiga hari hingga Senin (27/5/2019).

Ada 24 tim yang ikut ambil bagian dalam Festival Bedug Takbiran kali ini. Para tim itu berasal dari berbagai utusan. Mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga remaja muda (Remamuda) Masjid se-Provinsi Gorontalo.

Pembukaan Festival Bedug diawal penampilan grup gambus Assamar dan Nasyid asal SMA Negeri 3 Gorontalo.

Baca juga: Dapat Santunan Lebaran, 1.000 Warga Tilamuta Tersenyum Bahagia

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, Festival Bedug Takbiran merupakan salah satu syiar Islam. Tujuannya memotivasi masyarakat dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

“Sehingga kita lebih memperbanyak ibadah dan amalan-amalan lainnya di bulan Ramadan ini,” kata Idris.

Tabuhan bedug yang umumnya mengawali kumandang adzan di masjid merupakan budaya dan tradisi masyarakat Gorontalo. Menurut Idris Rahim, hikmah dari budaya dan tardisi tersebut adalah mengajak umat Islam untuk kembali ke masjid.

“Jangan biarkan di akhir Ramadan ini masjid-masjid kita justru semakin kosong. Kita harus kembali ke masjid untuk meraih keberkahan Ramadan,” imbuhnya.(hasan/gopos)

Baca juga: Pembuatan Naskah Dinas, ASN Diwajibkan Perhatikan Tata Bahasa Indonesia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *