Headline Kota Smart

Siswa SMPN 4 Kota Gorontalo Raih Juara III OPSI Nasional 2019

GOPOS.ID, GORONTALO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Gorontalo kembali mengharumkan nama Kota Gorontalo di kancah nasional. Hal itu seiring kesuksesan siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yang meraih juara III pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional 2019, Jumat (29/11/2019).

Keberhasilan itu dicapai setelah hasil penelitian siswa SMPN 4 Kota Gorontalo, Nirina Rahman, meraih nilai tertinggi ketiga. Penilaian itu dilakukan tim juri dalam final OPSI tingkat nasional di Jakarta, 25—30 November 2019. Untuk Juara I diraih siswa utusan SMP 54 Palembang. Juara II diraih siswa utusan SMP Negeri 3 Kairatu, Seram, Maluku.

Nirina yang dibimbing guru, Saleh Yusuf, menjadi finalis OPSI 2019 dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemasyarakatan dan Seni. Nirina bersama dua rekannya, mengajukan penelitian berjudul “Meningkatkan Literasi Digital Siswa Melalui Spenfour E.News”. Selain meraih medali Perungu, Nirina dan rekan-rekanya mendapat hadiah/bonu, serta beasiswa.

Keberhasilan siswa SMPN 4 Kota Gorontalo meraih juara III pada OPSI tingkat Nasional 2019, menjadi capaian luar biasa. Sebab, mereka harus bersaing dengan 100 lebih peserta yang berasal dari berbagai sekolah di tanah air.

“Persaingan sangat ketat. Alhamdulillah, siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo bisa meraih juara III. Ini merupakan kali ketiga kita ikut di tingkat nasional dan meraih juara,” ujar Kepala SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, Yopi Bano, tadi malam.

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, memberikan motivasi dan arahan bagi para siswa saat akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti OPSI 2019. (istimewa)

Baca juga: Pemkab Gorontalo Bangun Kerja Sama Lintas Daerah

Yopi mengungkapkan, prestasi yang diraih tersebut tak lepas dari peran dan dukungan semua pihak. Dukungan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, jajaran Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, serta para guru SMPN 4 Kota Gorontalo.

“Keberhasilan ini juga tak lepas doa dan dukungan masyarakat Gorontalo. Termasuk dukungan dan motivasi yang diberikan Pak Wali Kota Gorontalo, serta Diknas Kota Gorontalo. Alhamdulillah anak-anak kita bisa meraih prestasi di tingkat nasional,” tutur Yopi Bano.

Ke depannya, Yopi berharap, keberhasilan meraih juara III ini menjadi spirit bagi siswa/siswi yang lain untuk meraih yang terbaik pada OPSI 2020.

“Tentunya tidak terbatas pada SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, tetapi juga bagi sekolah-sekolah lainnya di Kota Gorontalo,” harapnya.(hasan/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *