Gorontalo Info Pasar Nasional

Sebanyak 273 Debitur di Gorontalo Dibiayai PIP

GOPOS.ID, GORONTALO – Kementerian Keuangan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) telah memberikan bantuan kredit Ultra Mikro (UMi) kepad 273 debitur di Provinsi Gorontalo dengan total pembiayaan sebesar Rp. 1.898.500.000.

Untuk Kabupaten Bone Bolango diberikan sebanyak 27 debitur dengan total pembiayaan sebesar Rp. 191.000.000. Hal tersebut dibuktikan dengan penandatangan kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dengan PT Pegadaian (persero) yang dituankan dalam perjanjian Memorandum of Understanding (MoU), Kamis, (25/7/2019).

Penandatangan kerja sama itu merupakan inovasi, dalam bidang pembiayaan UMKM. Tujuannya adalah mengedepankan sinergi antara program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dengan BUMN. Adanya kerjasama yang terjalin dengan Pemerintah Kabupaten Bone Boango, merupakan kali pertama di Gorontalo.

“Perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Daerah ini, memiliki peran penting sebagai pihak yang saling mengetahui dan mengenal potensi UMKM di wilayahnya. Ada dua skema yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk bergabung dalam ekosistem pembiayaan UMi,” ujar Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Ari Wahyuni.

Ia menjelaskan bahwa program pembiayaan UMi memiliki keunggulan dalam hal skema pendampingan. Baik itu pendanaan dan penyaluran, skema pendampingan menjadi persyaratan wajib dipenuhi oleh mitra penyalur. Tujuannya memberikan kemudahan bagi setiap pelaku usaha mikro dalam konsultasi untuk menaikan kelas ekonominya.

“Jadi kerja sama pendanaan dan kerja sama penyediaan data calon debitur dan calon penyalur potenaial. Artinya pendanaan yang ditempatkan oleh pemda, akan digunakan sepenuhnya yakni 100 persen, untuk penyaluran pembiayaan di daerah tersebut,” terang Ari Wahyuni. (Isno/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *