Advetorial Gorontalo Gorontalo Hebat

Kembangkan Usaha, Koperasi Harus Manfaatkan Teknologi Digital

GOPOS.ID, GORONTALO – Di tengah era digitalisasi dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat saat ini. Koperasi dengan prinsip gerakan ekonomi kerakyatan yang berbasis kekeluargaan harus melakukan reformasi terhadap seluruh sistem dan tata kelolanya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya pada peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar di Gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Senin (29/7/2019).

“Sudah saat koperasi memanfaatkan teknologi digital, e-commerce, dan aplikasi retail online untuk mengembangkan usahanya,” tegas Idris.

Penegasan itu sejalan dengan tema peringatan Hari Koperasi ke-72 yaitu ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’.

Melalui pemanfaatan teknologi digitalisasi diharapkan Koperasi mampu merangkul generasi milenial sebagai kekuatan dan modal besar dalam upaya pemerataan kesejahteraan rakyat.

“Insan Koperasi harus memiliki kreativitas dan inovasi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Sehingga bisa bersaing dan beradaptasi dengan perubahan yang berjalan dinamis,” ujar Wagub.

Lebih lanjut Idris menjelaskan reformasi total yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM dalam lima tahun terakhir. Yang meliputi reoritentasi, rehabilitasi, dan pengembangan.

Dijelaskannya, reorientasi adalah upaya untuk merubah pola pikir dari orientasi kuantitas menjadi kualitas dengan tujuan untuk meningkatkan mutu koperasi.

Baca juga : Ingin Beragam Budaya di Gorontalo, Gubernur Janji Bantu Rp250 Juta

Rehabilitasi adalah penguatan sistem data base Koperasi, sementara pengembangan dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri, dan tangguh.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2014 kontribusi Koperasi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar 1,71 persen. Kontribusi tersebut meningkat tajam pada tahun 2018 sebesar 5,1 persen.

Baca juga : Kabar Gembira, Pasar Murah Pemprov Jual Sembako Rp5.000

Peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo diisi dengan kegiatan temu mitra akses permodalan Koperasi dan UKM dengan lembaga keuangan non bank, terdiri dari Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan RI, Permodalan Nasional Madani, Perum Pegadaian, dan PT. Bahana Arta Ventura.

Pada kegiatan itu, Wagub juga menyerahkan penghargaan kepada tokoh koperasi Gorontalo, serta hadiah kepada Koperasi Berprestasi tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2019. (rls/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *