Gorontalo Gorontalo Hebat

Gubernur Hadiahkan Umrah Petani Peduli Lingkungan asal Pohuwato

GOPOS.ID, GORONTALO – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, menghadiahkan umrah serta uang senilai Rp10 juta bagi petani peduli lingkungan asal Kabupaten Pohuwato, Sartam (65), Rabu (20/11/2019). Hadiah itu khusus diberikan Gubernur Gorontalo sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian Sartam terhadap lingkungan.

Hadiah umrah dan uang Rp10 juta diberikan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, saat membuka pelaksanaan Gorontalo Development Forum 2019, di Balroom Maqna Hotel, Rabu (20/11/2019).

“Pada 23 Desember saya ikutkan di rombongan23 orang untuk berangkat umrah,” ungkapnya.

“Ditambang uang ringgit. Dari saya pribadi sebanyak Rp10 juta,” sambungnya.

Rusli berharap, kegiatan Gorontalo Development Forum bisa melahirkan orang-orang seperti Sartam.

“Ini adalah perhatian bagi kita. Tapi orang seperti Pak Sartam harus kita lahirkan banyak di Kabupaten, bahkan daerah-daerah di Provinsi Gorontalo,” harapnya.

Sementara itu Sartam mengemukakan, dirinya menyadari bila monyet hidupnya di areal tamannya. Sehingga dirinya merelakan monyet tersebut memakan hasil tanamannya.

“Saya sampai sekarng masih menyiapkan tanaman untuk makanannya, agar supaya nanti dia sudah tidak akan makan, buah saya lagi,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Sartam merupakan petani peduli lingkungan asal Kabupaten Pohuwato. Kesehariannya, Sartam menanam kakao. Dalam pengelolaan lahan kebun miliknya, Sartam turut memerhatikan kelestarian lingkungan. Yakni ‘menghibahkan’ sebagian areal lahan untuk monyet atau yaki. Areal itu ditanami dengan tanaman yang dikhususkan dimakan oleh monyet.

Langkah itu membuat hasil panen di desa yang ditempati Sartam, Desa Puncak Jaya, Kecamatan Taluditi, Pohuwato, tak lagi diganggu monyet.(aldy/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *