BPS Gelar Upacacra Peringati Hari Statistik Nasional

GOPOS.ID, KOTA GORONTALO – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Gorontalo, Darda Daraba pimimpin upacara pada peringatan Hari Statistik Nasional (HSN). Upacara tersebut digelar di halaman kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Senin (27/9/2021). Upacara dimulai pukul 08.00, dan diikuti oleh seluruh karyawan BPS, Dharma Wanita serta diikuti secara virtual oleh BPS kabupaten kota se Provinsi Gorontalo.

Sekprov saat membacakan amanat tertulis kepala BPS Republik Indonesia, berharap peringatan HSN 2021 dapat memberikan edukasi dan menciptakan masyarakat yang sadar statistik. Keterlibatan masyarakat dalam peringatan HSN menjadi hal yang sangat penting. Mengingat HSN merupakan momentum bagi BPS, untuk membangkitkan kepedulian tentang pentingnya data statistik bagi masyarakat dan stakeholder.

“Dengan awareness dan literasi ini, diharapkan akan mendorong keterlibatan masyarakat maupun stakeholder secara aktif. Agar turut berpatisipasi menyukseskan kegiatan BPS, baik sensus atau survei,” ucap Darda.

Ke depan tantangan BPS semakin besar. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang pesat. Pengumpulan data di masa mendatang akan lebih banyak dilakukan oleh responden secara mandiri dan online. Ini tentu membutuhkan tanggungjawab, kesadaran dan pemahaman responden untuk mengisi kuisioner tanpa ada pendampingan dari petugas/pencacah.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga menjadi tantangan tersendiri bagi BPS. Karena harus menyediakan data sebagai respon cepat dalam situasi kedaduratan, dan untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Untuk memeriahkan peringatan HSN kali ini, pihak BPS menggelar berbagai kegiatan dan lomba yang diikuti seluruh karyawan BPS dan mitra BPS se Provinsi Gorontalo. BPS juga memberikan award kepada institusi atau pihak luar yang memberikan data secara responsif.

“Dalam rangka hari Statistik kita memberikan award kepada institusi atau pihak luar yang selama ini kita mintain datanya. Contohnya perusahan. Perusahan itu kadang kadang sangat sulit kita dapatkan datanya. Kalau dari sumbernya sudah sulit bagaimana kami mengekspose datanya nanti, sehingga kami berikan award kepada pihak yang memberikan datanya cepat dan datanya akurat. Begitu juga dengan OPD dengan instansi vertikal,” ungkap Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif. (Adm-01/Adv/Gopos)


Related Posts

Next Post

Tinggalkan Balasan

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.