Gorontalo Hukum & Kriminal

BNNP Tes Urine Sat Pamtas Yonif 713/ST

GOPOS.ID, GORONTALO – Menjelang pelaksanaan tugas di perbatasan RI dan Papua Nugini (PNG). Badan Nasional Narkotika (BNNP) Gorontalo melakukan tes urine bagi Anggota Satuan Pengamanan Perbatasan (Sat Pamtas) Yonif 713/Satya Tama, Jumat (26/7/2019). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Gorontalo Muchars Daud mengatakan, tes urine bagi anggota Sat Pamtas Yonif 713/ST merupakan rutinitas bagi prajurit TNI AD. Tujuannya untuk memastikan prajurit TNI-AD, khususnya anggota Satpamtas Yonif 713/ST bebas dari penggunaan narkoba.

“Tes Urine ini untuk memastikan semua prajurit TNI-AD, utamanya di Yonif 713/Satya Tama bersih. Tidak ada yang menggunakan narkoba,” ujar Muchars Daud, Jumat (26/07/2019) di Markas Yonif 713/Satya Tama, di Desa Ulapato A, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Baca juga: Anggota Polda Metro Jaya Tewas Diberondong Juniornya

Muchars Daud mengungkapkan, tes urine ini juga dilakukan untuk mempersiapkan fisik dan mental anggota TNI yang akan ditugaskan di perbatasan Papua.

“Harus ada kesiapan fisik dan mental terutama harus dipastikan seluruh yang akan diberangkatkan itu tidak ada yang terkait narkoba,” ujarnya.

Muchars menegaskan, keterlibatan TNI AD dalam memberantas peredaran narkoba di daerah papua akan sangat dibutuhkan nanti.

“Mereka juga diharapkan memahami betul apa itu narkoba, bagaimana bentuk dan jenis-jenisnya. Sehingga mereka di sana bisa membantu petugas-petugas lain sperti BNN dan kepolisian untuk menghalangi pola peredaran narkoba di Papua,” jelasnya

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan yang diikuti 100 anggota, kesemuanya dinyatakan negatif.

“Dari 450 anggota TNI, ini baru tahap pertama yaitu 100 yang kita tes. Alhamdulillah semuanya negatif, tidak ada yang terindikasi menggunakan Narkoba,” tandas Muchars.(muhajir/gopos)

Baca juga: JCH Kloter 27 UPG: Tertua 85 Tahun, Termuda 22 Tahun

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *