Gorontalo Headline Hukum & Kriminal

Lagi, Nelayan Asal Biluhu Dilaporkan Hilang saat Melaut

GOPOS.ID, GORONTALO – Peristiwa nelayan yang hilang melaut kembali terjadi di Gorontalo. Kali ini peristiwa tersebut menimpa Ali Lahabu warga Desa Lobuto Timur, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo, Selasa (23/7/2019). Ali dikabarkan hilang saat melaut di perairan Biluhu, Kabupaten Gorontalo.

Informasi yang dirangkum gopos.id, sebelum dikabarkan hilang, Ali Lahabu pamit ke keluarga untuk melaut pada subuh sekitar pukul 04.30 wita. Pria berusia 45 tahun itu melaut seorang diri.

Penuturan pihak keluarga, dalam keseharian Ali Lahabu melaut tidak begitu lama. Sekitar pukul 09.00 – 10.00 wita, ia sudah pulang ke rumah. Tetapi hingga siang hari, pria yang akrab disapa Ka Jawu itu belum juga pulang ke rumah.

Hal itu membuat pihak keluarga merasa cemas. Apalagi, komunikasi terakhir pihak keluarga dengan Ali Lahabu terjadi pada pukul 10.00 wita.

Pihak keluarga lantas melakukan pencarian. Beberapa nelayan yang baru saja pulang melaut mengutarakan sempat berpapasan dengan Ali Lahabu, ketika mereka dalam perjalanan menuju ke darat. Pihak keluarga mencoba menghubungi handphone milik Ali. Akan tetapi sambungan komunikasi seluler tak selancar sebelumnya. Hanya sesekali terdengar nada panggil. Tetapi Ali tak menjawab panggilan yang ditujukan kepada nomor selulernya.

Nelayan Hilang Saat Melaut

Tim gabungan Basarnas Provinsi Gorontalo dan TNI AL Gorontalo mengumpulkan informasi terkait laporan hilangnya Ali Lahabu, nelayan asal Desa Lobuto Timur, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo, Selasa (23/7/2019). (istimewa)

Baca juga:  Seorang Nelayan Gorontalo Hilang saat Melaut

Pencarian terus dilakukan pihak keluarga. Selain menayakan kepada nelayan yang berpapasan, pihak keluarga turut mencari Ali Lahabu di seputaran rumpon ikan di perairan Biluhu, yang biasanya menjadi tempat Ali Lahabu mencari ikan.

Kejadian itu selanjutnya dilaporkan ke Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Gorontalo. Menindaklanjuti laporan tersebut, tim Basarnas Provinsi Gorontalo bergerak ke lokasi. Setibanya di lokasi, tim Basarnas masih mengumpulkan informasi serta persiapan peralatan. Rencananya proses pencarian terhadap Ali Lahabu akan dilaksanakan hari ini, Rabu (24/7/2019).

Pencarian Armin Abas Terus Berlanjut

Sementara itu proses pencarian terhadap Armin Abas (55) warga Desa Olimeyala, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo hingga kemarin (23/7/2019) masih berlangsung. Armin juga dikabarkan hilang saat melaut di perairan Biluhu pada Jumat (19/7/2019).

Pencarian dilakukan tim gabungan yang terdiri Tim Rescue Kansar Gorontalo,  ABK RB216, Lanal Gorontalo, Polsek Biluhu, Aparat Desa Olimeyala dan masyarakat.

Pencarian yang berlangsung di perairan Tilamuta, Kabupaten Boalemo itu dibagi dalam dua regu. Regu pertama menyusuri pantai ke arah Barat. Sedangkan regu kedua, ke arah tengah pantai hingga Barat.

Tim Basarnas Provinsi Gorontalo Afifudin Ilahude  mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pencarian sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Selama tiga hari ini kami terus melakukan penyisiran dibebrapa pesisir pantai. Termasuk salah satu titik ditemukan kapal dari korban yang hilang tersebut,” jelas Afif.(isno/gopos)

Baca juga: Pinjam Uang Tak Dikembalikan, Rustam Akili Diadukan ke Polda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *