GOPOS.ID, GORONTALO – Bagi Anda yang ingin mengenali dan membeli produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Gorontalo, tak ada salahnya datang ke Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) 2022. Festival yang berlangsung di Gedung Gorontalo Place Convention Center (GPCC) Kota Gorontalo, 13-15 Juli 2022, ini memamerkan aneka produk UMKM. Mulai dari produk kuliner/olahan pangan, kerajinan hingga fashion berbasis sulaman khas Gorontalo, Karawo.
Untuk produk kuliner ada berbagai macam produk yang ditampilkan sekaligus diperdagangkan. Bagi yang senang camilan ada gula-gula soba, permen khas Gorontalo yang berbahan dasar gula merah. Ada juga aneka keripik dengan berbagai citarasa, aneka kue khas Gorontalo seperti kue karawo, bagea, serta pia yang memiliki rasa legit dan enak.
Selain itu ada pula berbagai macam produk olahan. Di antaranya abon ikan tuna, sagela tumbuk, (ikan asap), Ikan Nike Crispy, Ikan Payangga Crispy, hingga acar ikan tuna yang rasanya gurih dan nikmat. Tak ketinggalan aneka sambal yang menggugah selera makan. Di lokasi showcase HACF 2022 ikut ditampilkan produk organik. Seperti beras, dan minyak kelapa tradisional tetapi sudah dikemas dalam kemasan yang modern.
Bagi Anda yang penikmat kopi, tak perlu khawatir. Di lokasi HACF 2022 turut ditawarkan kopi khas Gorontalo. Selain dijual dalam bentuk kemasan, di lokasi juga tersedia booth yang menawarkan sajian kopi.
Sementara itu untuk produk kerajinan, pengunjung HACF 2022 bisa menjumpai berbagai macam barang seperti upiah karanji yang merupakan kopiah (songkok) khas Gorontalo, tas perempuan, hingga peralatan rumah tangga. Semua barang-barang tersebut dibuat secara tradisional alias handmade.
Bersebelahan dengan produk kerajinan, tersedia produk fashion karawo (sulaman khas Gorontalo) yang dipamerkan pada HACF 2022. Ada kemeja pria, busana wanita, maupun pakaian casual dengan style kekinian yang cocok untuk kalangan millennial.
Baca juga: HACF 2022 Tampilkan Fashion Show Karawo, Destry Damayanti: Seperti International Fashion Week
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Gorontalo, Rony Widijarto Purubaskoro, mengemukakan kegiatan showcase (pameran) diikuti oleh sebanyak 44 pelaku UMKM. Produk yang ditawarkan berupa fashion, kerajinan dan olahan pangan yang memiliki keunikan khas dan berpotensi ekspor. Melalui kegiatan ini diharapkan produk-produk yang dihasilkan UMKM di Gorontalo makin dikenal luas dan diminati masyarakat di tingkat global.
“Hulonthalo Art and Craft Festival 2022 mengusung tema ‘Digitalisasi UMKM Mendorong Gorontalo Bangkit-Go Digital Go Global’. Tujuannya untuk mendukung industri kreatif fashion, kerajinan dan olahan pangan yang memiliki keunikan khas dan berpotensi ekspor di Gorontalo,” ujar Rony Widijarto.
Rony Widijarto menambahkan, dalam pelaksanaan HAFC 2022 turut pula dilakukan sosialisasi dan edukasi berkaitan dengan sektor UMKM. Termasuk temu bisnis (business matching) yang melibatkan pelaku UMKM dengan pihak perbankan dan pengusaha.
Terpisah, para pelaku UMKM mengaku sangat senang sekaligus berterima kasih kepada Bank Indonesia Provinsi Gorontalo yang rutin menggelar kegiatan untuk pengembangan UMKM. Salah satunya Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF). Keikutsertaan mereka dalam iven-iven tersebut, memberikan nilai tambah sekaligus peluang pengembangan usaha.
“Kami sejak 2019 ikut di kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia. Alhamdulillah produk kami makin dikenal luas oleh masyarakat, pendapatan dari usaha kami ikut meningkat pula,” ujar Vivi, pelaku UMKM dengan produk keripik pisang.
Ajir, salah seorang pengunjung, mengaku datang ke lokasi HACF 2022 untuk membeli produk cemilan khas Gorontalo sekaligus berharap bisa meraih doorprize. Setiap transaksi Rp25 ribu akan mendapatkan kupon undian doorprize.
“Kalau kita pakai QRIS dapat dua kupon. Tapi kalau bayar tunai hanya dapat satu kupon,” ujarnya.(hasan/gopos)