BI Gorontalo Dukung Pengembangan UMKM Hortikultura - gopos.id
Gorontalo Info Pasar Kabupaten Gorontalo

BI Gorontalo Dukung Pengembangan UMKM Hortikultura

GOPOS.ID, GORONTALO – Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diyakini mampu berkontribusi terhadap perekonomian masyarakat dan daerah. Sejalan hal itu, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo terus memberikan dukungan terhdap pengembangan UMKM. Salah satunya UMKM Hortikultura klaster cabai rawit.

Kelompok Hasrat merupakan merupakan salah satu UMKM Hortikultura binaan KPw BI. UMKM Hortikultura yang berada di Desa Dumati, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo itu sudah bermitra dengan BI selama tiga tahun terakhir.

Program pengembangan klaster cabai rawit bertujuan untuk mendorong produksi cabai rawit. Yakni melalui penanaman metode organik yang akan meningkatkan produksi cabai rawit. Pengembangan klaster cabai rawit diharapkan dapat mendorong kestabilan harga. Dengan demikian dapat menjaga ketahanan pangan dan menjaga inflasi dari sisi supply.

Sementara itu untuk mendukung stabilitas produksi, BI Gorontalo kembali memberikan dukungan berupa green house. Bantuan green house Kelompok Hasrat ini diresmikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto, Kamis (26/9/2019). Turut hadir dalam peresmian green house cabai rawit, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb, serta Kepala KPw BI Gorontalo Budi Widihartanto.

Sarana Green House sangat diperlukan oleh petani cabai rawit untuk dapat menjaga keseluruhan rantai produksi. Khususnya di tahapan pengolahan lahan dan penyemaian bibit. Apalagi kondisi kondisi cuaca Provinsi Gorontalo yang cukup ekstrem sehingga berpotensi mengganggu produktivitas tanaman cabai rawit.

Erwin Rijanto berharap melalui penerapan teknologi dan inovasi green house komoditas cabai rawit, dapat menjadi solusi pemenuhan pasokan komoditas cabai rawit di Provinsi Gorontalo.

“Komoditas cabai rawit merupakan komoditas strategis yang persisten penyumbang inflasi dengan bobot mencapai 0,67% atau masuk dalam 50 komoditas yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Baca juga: Agenda Menteri Pariwisata Saat Hadiri Karnaval Karawo Gorontalo Mulai Dibahas

Erwin Rijanto berharap Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo untuk senantiasa memperkuat sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan akademisi dalam pelaksanaan tugasnya.

“Komunikasi yang baik, koordinasi yang intensif, serta kolaborasi sinergis yang telah terjalin selama ini, dapat terus berjalan dan semakin ditingkatkan,” imbau Erwin Rijanto.

Sementara itu Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb mengapresiasi dukungan BI. Dukungan tersebut sangat membantu Pemkab Gorontalo dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian.

“Langkah yang dilakukan BI ini memotivasi para keompok tani dalam meningkatkan produksi dan produktivitas. Lebih terpenting lagi sangat membantu petani dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” ujar Hadijah Tayeb.(adm-02/arif/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 3 =