150 UMKM di Gorontalo Dilatih Pemasaran Digital - gopos.id
Daerah Gorontalo Hebat Info Pasar

150 UMKM di Gorontalo Dilatih Pemasaran Digital

GOPOS.ID, GORONTALO – Selain penguatan di sisi manajemen dan produksi. Pemberdayaan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), turut dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo pada aspek pemasaran berbasis digital.

Langkah itu dilakukan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo bekerja sama Kementerian Perdagangan RI. Yakni melalui Kemitraan Usaha Umum UMKM di Hotel Horison, Kota Gorontalo, Jumat (11/10/2019).

Kegiatan yang digelar selama 2 hari itu, dihadiri oleh 150 pelaku usaha bersama unsur Kementerian Perdagangan Indonesia, toko-toko Modern yang dinilai bisa menjadi contoh usaha dan pemasaran digital, beserta 6 tim penilai untuk UMKM.

Dalam kegiatan ini, 150 pelaku usaha yang didominasi oleh 80 persen produk pangan, dan 20 persen produk non pangan. Mereka membawa masing-masing produk untuk dipamerkan pada kegiatan ini.

Staf ahli Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Lasminingsih, mengatakan Kemendag akan memberikan jaringan pemasaran, karena penjualan di Indonesia ini sudah sangat baik. Aktivitas yang dilakukan ini akan mencapai hasil yang maksimal.

“Kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan masalah ke depan sebagai pelaku usaja UMKM, dapat meningkatkan kapasitas dan potensinya sendiri. Yaitu melalui program pemerintah yang diaplikasikan khusus untuk mengembangkan UMKM, serta terbukanya jaringan dengan pemasaran ritle/ toko modern,” ujar Lasminingsih.

“Kita berharap UMKM dapat meningkatkan jejaring pemasaran, dengan terciptanya kemitraan yang saling menguntungkan,” sambungnya.

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan Kumperindag, Sujano Antule, menambahkan kegiatan ini adalah sebuah kesempatan besar bagi UMKM di Gorontalo. Sebab, para pemateri sangat ahli dalam hal pemasaran dan juga telah dikenal oleh seluruh konsumen di Indonesia.

“Seperti marketplace shopee, bukalapak, hypermart, dan beberapa Start Up yang telah sukses. Diharapkan banyak yang bisa dibina,dan kemudian bisa masuk dalam penilaian,” ujarnya.

Baca juga: Kemenhub Beri Bantuan 2 Kapal Pelra untuk Gorontalo

Setelah melewati beberapa materi di akhir kegiatan para UMKM akan dinilai. Jika diterima akan diajak kerja sama oleh, toko modern yang sempat dihadirkan oleh kementrian Perdagangan RI.

Provinsi Gorontalo memiliki potensi UMKM yang berkembang sangat signifikan di setiap daerah kKabupaten/kota. Data UMKM 2018 terdapat 14.300.88 UMKM di Provinsi Gorontalo.(aldy/gopos)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 14 =