GOPOS.ID, GORONTALO – Para pengelola informasi dan dokumentasi di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo bakal digenjot kinerjanya di tahun 2020. Sebab dari hasil evaluasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) selama 6 bulan terakhir. Dari 33 OPD lingkup Pemprov Gorontalo, ada 10 PPID teraktif. Yaitu Biro Humas dan Protokol, Dinas PUPR, Sekretariat DPRD, Dinas Sosial, Dinas Arpusda, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Pertanian, dan Dinas Pangan.
Penilaian teraktif berdasarkan jumlah pengiriman berita selama periode bulan Juni-November 2019.
Menurut Plt. Kadis Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo Jamal Nganro, tahun depan pemberitaan program kerja di setiap OPD melalui kan ditingkatkan.
”Tahun 2020 pemberitaan program kerja terutama yang ada di OPD masing-masing bisa lebih ditingkatkan. Tidak hanya sekedar memberitakan, tapi bagaimana kita mendorong mereka bisa meningkatkan kualitas berita,” kata Jamal Nganro seusai memimpin rapat koordinasi dan evaluasi PPID lingkup Pemprov Gorontalo di aula Kantor Diskominfo & Statistik, Jumat(20/12/2019).
Jamal mengatakan dari hasil evaluasi ini, akan mendorong PPID untuk tidak sekedar memberitakan program saja. Tapi lebih kepada outcome atau hasil yang telah dicapai dari program yang telah dilakukan.
“Jadi OPD yang bersangkutan tidak hanya sekedar memberitakan program kegiatannya. Tapi sudah bisa melihat lebih jauh lagi dampak atau impact dari program-program yang selama ini sudah diberikan ke masyarakat,” urai Jamal.
Jamal Nganro yang juga merupakan Kadis Perhubungan menambahkan, para pejabat PPID perlu ditingkatkan kompetensinya melalui bimtek jurnalistik. Selain itu, peran PPID harus dimaksimalkan dengan dukungan para pejabat di lingkungan OPD tersebut. Seperti pemberian fasilitas yang sesuai untuk menunjang kinerja PPID. (andi/rls/gopos)