GOPOS.ID, GORONTALO – PT Telekomunikasi (Telkom) menjelaskan penyebab lambat alias lelet akses Telkomsel dan Indihome. Kondisi itu disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa yang terletak di Jawa, Sumatera dan Kalimantan.
Jaringan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa itu berada di ruas Batam – Pontianak. Gangguan jaringan terjadi, Ahad (19/9/2021) mulai pukul 17.33 WIB. Gangguan itu berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia. Termasuk di Gorontalo.
“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melaukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” kata SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, dikutip dari laman suarakalbar.id.
Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.
“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya.”
Pantauan Gopos id, sebelumnya sejumlah warganet khsusnya wilayah Gorontalo mengeluhkan gangguan koneksi internet Telkomsel dan WiFi pada Minggu 19 September 2021, sekitar pukul 19:15. WITA. Bahkan hingga Senin (20/9/2021) siang pukul 12.00 Wita, jaringan Telkomsel maupun Indihome belum sepenuhnya stabil.(Putra/gopos)