GOPOS.ID, GORONTALO – Guna memaksimalkan penyebarluasan informasi publik kepada masyarakat, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Gorontalo diharapkan dapat mendukung eksistensi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).
Hal tersebut sebagaimana terungkap pada penutupan Bimbingan Teknis PPID yang digelar di Hotel Arya Duta, Kota Manado, Jumat (2/8/2019).
“Setelah kembali dari bimtek ini PPID diharapkan sudah bias bekerja di instansi masing-masing. Memang ada beberapa hambatan misalnya seperti penyediaan infrastruktur, dukungan anggaran dan status analisis jabatan yang membidangi PPID ini,” terang Kabid IKP Dinas Kominfo, Yulindawati Rauf.
Baca juga : Hadapi Revolusi Industri 4.0, Pelayanan Informasi Publik Lebih Ditingkatkan
Pada bimtek tersebut, peserta dibekali ilmu tentang pengelolaan informasi publik sesuai dengan amanah Undang Undang No. 14 tahun 2018. Selain itu, peserta juga dibekali dasar-dasar jurnalistik untuk penulisan dan publikasi informasi program dan kegiatan melalui website setiap OPD.
Untuk menguatkan fungsi PPID, para peserta yang terdiri dari Sekretaris Dinas, Kepala Seksi Perencanaan dan staf memberikan surat rekomendasi bersama. Rekomendasi berisi 7 poin penting untuk bisa ditindaklanjuti oleh pimpinan OPD.
“Bimtek ini bukan akhir, tapi jadi awal bagi kinerja PPID. Semoga berbagai kegiatan dan program pemprov di OPD bisa terekspos kepada masyarakat baik melalui media massa, media online dan media sosial. Tugas ini butuh dukungan dari semua pihak,” imbuhnya.
Pada pelatihan penulisan berita, peserta diajak untuk membuat berita kegiatan dan program mereka. Ada 6 OPD yang tampil aktif dengan memaparkan hasil liputannya yakni Dinas PUPR, Inspektorat, Setwan, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Perikanan serta Badan Perwakilan Jakarta.
Bimtek PPID diikuti oleh lebih kurang 70 orang perwakilan dari setiap OPD pemprov. Ada juga perwakilan dari Dinas Kominfo dan Kabupaten/Kota. (ndi/rls)