Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus memutakhirkan aplikasi keuangan digital. BRI Mobile (BRIMo) kian memudahkan nasabah, seperti tarik tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tanpa kartu debit.
Muhajir Mantulu, Gorontalo
Jarum jam menunjukkan pukul 02.45 Wita, saat becak motor (Bentor) yang ditumpangi Zulfikar Eksan tiba di depan gerai ATM BRI di depan Toko Mufidah, Jl. Sudirman, Kota Gorontalo. Setelah menyerahkan lima lembar uang dua ribuan ke pengemudi bentor, Zulfikar bergegas memasuki ruang ATM.
Tiba di depan ATM, Zulfikar mengeluarkan smartphone dari kantong celana dan lalu membuka aplikasi BRIMo. Selanjutnya di layar ATM, Zulfikar memilih menu tarik tunai tanpa kartu. Kurang dari semenit, sejumlah lembaran uang Rp100 ribu keluar dari mesin ATM.
“Pakai aplikasi BRIMo tarik maupun setor tunai lebih gampang. Bisa walau tanpa ATM,” ungkap Eksan, sapaan akrabnya, Ahad (17/3/2024).
Sudah lebih 6 bulan, Eksan bertransaksi di ATM tanpa menggunakan kartu debet atau kartu ATM. Sebelumnya Eksan harus membawa kartu debetnya agar bisa menarik/menyetor uang, atau membeli pulsa di ATM.
Perkenalan Eksan dengan transaksi ATM tanpa kartu lewat BRIMo terjadi ketika dia harus membayar uang kuliah di ujung tenggat waktu (akhir deadline). Saking buru-buru dari tempat kos, Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo ini lupa memasukkan dompet yang berisi kartu ATM BRI ke dalam tas. Sempat berpikir untuk kembali ke tempat kos, tetapi perjalanan bolak-balik yang memakan waktu sekitar satu jam akan membuat dirinya berdiri antre lebih lama.
“Untungnya saat itu ada karyawan BRI yang memberi informasi bisa tarik tunai di ATM pakai BRIMo,” kata Eksan.
“Sebelumnya saya pakai BRIMo sekadar untuk mengecek kiriman orang tua sudah masuk atau belum,” imbuhnya terkekeh.
Menurut Eksan, layanan aplikasi digital BRIMo sangat membantu dirinya bertransaksi keuangan. Baik transaksi tunai maupun nontunai dengan memanfaatkan layanan QRIS.
“Kalau belanja di minimarket umumnya saya pakai QRIS BRIMo. Sementara untuk belanja di warung atau tempat-tempat yang belum punya layanan nontunai maka saya ambil uang di ATM dulu menggunakan BRIMo. Tanpa kartu debet, tak ribet,” tutur Eksan.
Pengalaman setor tunai tanpa kartu debet di ATM BRI juga dirasakan Ernawati, seorang ibu rumah tangga. Pertengahan 2023 lalu, Erna hendak menyetorkan sejumlah uang ke rekeningnya. Saat tiba ATM BRI setor tunai, Ernawati tersadar bila kartu ATM miliknya berada di dalam buku tabungan yang tersimpan di laci kantor. Meski begitu, Ernawati tak khawatir karena di smartphone-nya sudah ada aplikasi BRIMo.
“Cukup pakai aplikasi BRIMo, bisa tarik atau setor tunai. Semuanya jadi mudah,” ungkapnya.
Layanan Digital BRI Mudahkan Transaksi
BRI Mobile atau BRImo merupakan aplikasi Keuangan Digital Bank BRI Terbaru berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah. Layanan tarik tunai tanpa kartu debet (Kartu ATM) bisa ditemui di semua unit kerja BRI di Gorontalo.
Mantri BRI Unit Suwawa BO Gorontalo, Deddy Christian Bakir mengatakan, ini semua merupakan komitmen BRI dalam memberikan kemudahan transaksi untuk nasabah.
“Untuk tarik tunai tanpa kartu ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama masuk ke aplikasi terus pilih layanan tarik tinai tanpa kartu, pilih nominal tarik tunai, dapatkan kode panarikan, lalu tarik tunai di ATM BRI,” ujar Deddy.
Adapun cara daftar BRImo serta aktivasi aplikasi BRImo ini sangat mudah, bisa dilakukan langsung melalui aplikasi BRImo. Download BRImo mudah tersedia di App Store, Google Play, Huawei AppGallery.
Sejumlah Keunggulan BRImo
1. Buka Rekening (Digital Saving)
Calon nasabah BRI dapat membuka rekening melalui aplikasi BRImo dengan meng-upload data diri serta mengirimkan video sebagai bentuk Know Your Customer (KYC) dalam pembentukan rekening. Dengan membuka rekening melalui BRImo, nasabah juga akan teregistrasi BRImo dengan fasilitas finansial.
2. Registrasi Internet Banking
Nasabah baru dan nasabah yang belum teregistrasi internet banking BRI dapat melakukan registrasi internet banking dengan fasilitas financial melalui aplikasi BRImo. Sistem BRI Internet Banking ini terintegrasi dengan baik, registrasi internet banking ini cukup dilakukan melalui aplikasi BRImo tanpa harus ke unit kerja BRI .
3. Manajemen Keuangan Pribadi (PFM)
Fitur PFM berguna untuk membantu nasabah membatasi pengeluaran yang dilakukan selama bertransaksi menggunakan channel BRI.
4. Menghadirkan fitur yang berisikan fitur-fitur sehari-hari yang biasa digunakan oleh nasabah BRI.
Fitur fast menu ini digunakan untuk menyasar pengguna yang sudah nyaman dengan Mobile Banking berbasis SMS. Fitur ini juga dilengkapi dengan adanya quick balance dimana nasabah dapat mengetahui saldo rekening utama dengan cara singkat.
5. Donasi lebih mudah pake BRImo
Kini membayar Zakat dan bersedekah semakin mudah, cukup dengan BRImo, Transfer uang Zakat atau Sedekahmu ke DOMPET DHUAFA atau YBM BRI. (*)